oleh

Temukan Indikasi Penyelewengan ADD Tahun 2019,Warga Desa Aliyan Lapor Ke BPD

BANYUWANGI, TEROPONG BARAT.COM. –  Pada Era Presiden Jokowi, Desa mendapat perhatian khusus. Alhasil, tak tanggung-tanggung Pemerintah Pusat melalui APBN menggelontorkan Dana Desa yang tidak sedikit

Mengelola Dana Desa terlihat gampang-gampang sulit, atau paling tidak ngeri-ngeri sedap. Dengan angka yang fantastis, Kepala Desa dan Perangkatnya tidak mengelola secara baik sesuai dengan ketentuan yang ada maka harus berurusan dengan hukum.

Namun jika dikelola secara baik maka dana desa tersebut dapat memberikan manfaat bagi warga desa baik dari sisi ekonomi, infrastruktur, pendidikan, kesehatan dan kebutuhan lainnya yang lebih baik. Bisa dibilang ini seni kemungkinan!

Sesuai intruksi Presiden Joko Widodo, melalui Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT), setiap desa diwajibakan memampang baliho realisasi penggunaan Dana Desa (DD) dan Anggaran Dana Desa (ADD). Bagi Desa yang tidak memasang baliho tersebut maka akan dikenakan sanksi

Peran BPD sangat vital untuk mengawasi kinerja KADES dan Perangkat Pemerintah Desa, supaya penggunaan DD selalu sesuai aturan dan benar-benar dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Desa.

Senin 29-06-2020 terkait dugaan penyelewengan dalam Pengelolaan Keuangan ADD tahun 2019 Warga Desa Aliyan melaporkan ke BPD melalui Chat WA pada pukul 12:00 wib yang ada di Dusunya dan Pelaporan atas Penerapan Pengangkatan Perangkat tanpa Musyawarah bersama warga Tokoh Dusun Cempokosari dan tidak melakukan dasar hukum Putusan Penetapan mutasi oleh kepala desa Aliyan-Anton Sujarwo,SE yang juga selaku Ketua ASKAB Banyuwangi.

“Saya beberapa kali mencoba untuk Konfirmasi dan Sampai Melaporkan melalui Aplikasi Chat WA, dikarenakan saya sangat sulit untuk menemui, Anisa BPD di Dusun saya, selalu tidak ada Waktu dan juga sebelumnya saya sudah menghubungi melalui Telpon Seluler tapi tidak mendapatkan jawaban.
Sering saya lakukan melalui Chat WA juga tidak ada respon sama sekali untuk bisa bertemu, untuk bisa melaporkan temuan saya ini. Dengan Chat WA mungkin nanti dibaca” ujar Agus M Saputra dan juga Selaku Kabiro Kab.Banyuwangi Prov.Jawa Timur, Media Teropong Barat,co

Sebelumnya wakil keluarga beserta pemuda dan masyarakat Dusun Cempokosari mendatangi Kantor Desa Aliyan untuk bertemu Kepala Desa Aliyan-Anton Sujarwo, SE.
Pada senin 15-06-2020, pukul 10:19 wib, untuk menanyakan Keputusan Penetapan Mutasi Perangkat ke Staf.

Salah satu tokoh pemuda desa aliyan menyatakan jika PEMDES Aliyan menyalahi Prosedur,menurutnya Mutasi harus diberitahukan kepada yang bersangkutan berikut alasan nya untuk di Mutasikan.

“Prosedur itu untuk perangkat aktif, Kepala Desa punya penilaian seperti kesalahan keterlambatan, tidak pernah masuk dan lain-lain, itu untuk Perangkat aktif kalau posisi Perangkat yang tidak aktif berarti ada hukum lagi hukum yang menjelaskan bagaimana posisi perangkat yang tidak aktif” ucap Tokoh Pemuda Desa Aliyan- Agus Nur Bany Yusuf,ST.

Ada pun isi laporan tersebut terdiri dari 2 poin.

Pelaporan pada poin pertama terkait dugaan penyalah gunaan ADD tahun 2019 dan poin kedua terkait dengan penerapan surat putusan KADES Aliyan dalam memutasi kepala Dusun menjadi Staf di Desa Aliyan melalui Chat WA kepada Anisa BPD didusunya di duga tanpa di dasari hukum yang berlaku.

Pemdes Desa Aliyan tidak terbuka tentang Informasi kegiatan Pembangunan, hal ini terbukti tidak terpampangnya papan Informasi APBDes, sehingga masyarakat minim informasi mengenai dana desa dan dalam pengambilan keputusan kepala desa tidak menerapkan dasar hukum mutasi yang di tulis dalam surat keputusan mutasi perangkat ke staf yang dapat rekomendasi dari ibu Camat Nanik Machrufi,SP M.Si kec Rogojampi Kab Banyuwangi -Prov. JAWA TIMUR

Dengan adanya temuan masyarakat dalam ADD tahun 2019 di Desa Aliyan yang diduga ada permasalahn yang belom selsai tetapi LPJ ADD sudah selesai dibuat dan juga permasalahan tentang mutasi Perangkat Desa ke Staf yang mengesampingkan hukum mutasi yang sebagaiman harus diberitahukan kepada yang bersangkutan atau keluarganya ,Anisa BPD di Dusun Cempokosari dilapori warga Dusun Cempokosari.

Dengan laporan dan pengaduan yang secara tidak resmi melalui Chat WA yang dilayangkan ke BPD kami masyarakat Desa Aliyan berharap, agar laporan kami ini dapat segera ditindak lanjuti oleh ANISA BPD wakil di dusun kami cempokosari dengan ketua BPD desa aliyan kecamatan rogojampi kabupaten banyuwangi – JAWA TIMUR selasa 30-06-2020

Agus khafi/ Novita Dby

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed