Mahasiswi Turki Asal Gayo Asifa Pinta Tiara Narsumi Bincang S-1 Biaya Mandiri ke Turki World Gayonese Community

TEROPONG BARAT

- Redaksi

Rabu, 8 Mei 2024 - 09:23 WIB

40120 views
facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

ACEH TENGAH |  Sistem pendidikan dan akreditasi universitas di Turki secara administrasi bisa dikatakan 100 % sama dengan negara Eropa lainnya. Lama studi juga sama seperti universitas yang ada di Indonesia. “Terdapat dua jalur untuk seleksi masuk ke universitas di Turki, jalur seleksi berkas menggunakan nilai ijazah dan jalur tes tulis yang dinamakan YOS. Sebagian besar perkuliahan dilaksanakan dalam bahasa Turki. Bagi mahasiswa asing di Turki, wajib mengikuti Tomer atau kursus bahasa Turki sebelum masuk perkuliahan, pada tahun pertama perkuliahan,” kata Asifa Pinta Tiara, mahasiswi Perdangangan Internasional dan Logistik Kahramanmaraş Sütçü İmam Univesitesi, narasumber Bincang “S-1 Biaya Mandiri ke Turki” World Gayonese Community, yang digelar secara daring melalui platform Zoom Meeting, Selasa sore, pukul 16:00-17:30 WIB (7/5/2024).

Dilanjutkan alumnus SMA Negeri 8 Takengon yang di Turki kuliah sambil kerja menjaga toko tersebut, biaya kuliah di Turki terbilang sangat murah dibandingkan di Indonesia dan negara tetangga lainnya (ASEAN). “Sebulan, 1 juta sampai 3 juta, sudah termasuk biaya apartemen, makan, dan biaya hidup lainnya, tergantung kota dan kebutuhan masing-masing. SPP per semester, 3 juta. 1 tahun 6 juta. Transportasi di Türkiye sekali nge-tap kartu sekitar 6₺ lira atau sekitar Rp. 3.000 rupiah untuk mahasiswa, untuk umum sekitar 15₺ lira atau Rp. 7.500 rupiah. Transportasi ada berupa Bis, Trambway, dan Metro. Setiap kota memiliki transportasi yang berbeda dan biaya yang berbeda juga, tergantung kota besar atau kota kecil,” tuturnya.

Baca Juga :  Mahasiswa KKM Buat tempat Sampah dari Drum Bekas

Yang mesti disiapkan masuk perguruan tinggi negeri (PTN) di Turki, sambung alumnus SMP Negeri 10 Takengon yang bercita-cita jadi pengusaha itu, terutama mental, memperbaiki niat, dan membulatkan tekad. “Jangan lupa berdoa kepada Allah SWT, minta izin dan doa kedua orang tua. Sementara, persyarataan yang harus disiapkan, di antaranya ijazah atau surat keterangan lulus, foto biometrik, transkip nilai dengan minimal nilai 7, paspor, dan terjemahan nilai ijazah oleh penerjemah tersumpah ke bahasa Türkiye/Inggris,” sebutnya.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Turki memiliki lingkungan yang ramah dan aman, terutama bagi mahasiswa asing. “Sebagai negara multikultural, masyarakat Turki terbuka kepada mahasiswa internasional dari berbagai negara. Jika ada kesulitan, penduduk setempat siap membantu. Apalagi, tinggal di area sekitar universitas, betul-betul mencerminkan kawasan yang ramah mahasiswa. Banyak tersedia restoran, kafe, dan perpustakaan yang nyaman untuk belajar. Belum lagi, deretan komunitas sosial, acara budaya, dan tim olahraga sebagai sarana sosialisasi sekaligus penyaluran hobi,” kata alumnus SD Swasta Budi Darma Takengon yang saat sekolah juga aktif di Sanggar Renggali Takengon.

Baca Juga :  Mahasiswa KKM Kenalkan Cara Penggunaan Belajar Digital Aman Bagi Siswa

Dilanjutkan Asifa Pinta Tiara yang juga aktif berorganisasi dan sebagai relawan, setiap kota di Turki memiliki kelebihan dan keunikannya masing-masing serta memiliki pesona keindahan alam tersendiri. “Sepeti di kota di tempat saya kuliah sekaligus tinggal, Kahramanmaraş, terkenal dengan kota dondurma (kota es kirim). Kualitas pendidikan Turki juga setara dengan negara Eropa lainnya. Juga, memiliki kekayaan sejarah bangsa/peradaban besar, budaya yang luar biasa, dan seni yang menarik,” tutupnya.

Selain Asifa Pinta Tiara, kegiatan bincang “S-1 Biaya Mandiri ke Turki” juga dinarasumberi Alfi Syahrin, mahasiswa Gastronomi Anadolu Univertesi dan dimoderatori Yusradi Usman al-Gayoni (inisiator World Gayonese Community/Diaspora Indonesia-Inggris) yang saat ini tinggal di London. Bincang “Kuliah Biaya Mandiri ke Turki” World Gayonese Community bertujuan untuk memberikan informasi kepada pelajar SMA/MA/SMK Gayo-Alas yang ada di Indonesia, khususnya di Aceh Tengah, Aceh Tenggara, Gayo Lues, dan Bener Meriah, yang akan melanjutkan kuliah di dalam dan di luar negeri, khususnya ke Turki. (RED)

Berita Terkait

Mualem-Dek Fad Saksikan Langsung Pacu Kuda Takengon Bersama Puluhan Ribu Orang
Akademi Gayo di Malaysia dan Dekan Fakultas Pertanian Universitas Gajah Putih Bahas “Kuliah ke Malaysia” yang Digelar World Gayonese Community
Bantu Pelajar Gayo Kuliah ke Luar Negeri, Diaspora Gayo Dunia Gelar Bincang S-1 Biaya Mandiri dan Melalui Beasiswa ke Mesir
Keturunan Reje Linge Dirikan Yayasan Pasak Reje Linge
Senangnya wisata TK swasta IT Az-Zahra menangkap ikan di Balai Benih Ikan (BBI) Lukup Badak, Pegasing
Fikom Umuslim adakan Family Gathering di Aceh Tengah
Mahasiswa KKM Umuslim olah Nenas jadi Lumpia
Pastikan Kesehatan Personel Pengamanan Pemilu 2024 Prima, Si Dokkes Kembali Lakukan Pemeriksaan Kesehatan

Berita Terkait

Senin, 28 Oktober 2024 - 01:23 WIB

Pendaftaran Turnament Mobile Legend Piala Zahir-Aslam Diperpanjang Hingga 31 Oktober 2024

Senin, 28 Oktober 2024 - 00:42 WIB

150 Warga Desa Aras Menyatakan Sikap Dukung Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Batu Bara Zahir & Aslam

Minggu, 27 Oktober 2024 - 17:02 WIB

PDIP Batu Bara Rakercabsus Pemantapan Pemenangan Edy-Hasan dan Zahir-Aslam

Minggu, 27 Oktober 2024 - 15:38 WIB

Koramil 1426-06/Mapsu Kodim 1426 Takalar Bersama Warga Kerja Bakti Bersihkan Saluran Air  

Minggu, 27 Oktober 2024 - 15:29 WIB

Menjelang Pilkada Serentak Babinsa Jajaran Kodim 1426 Takalar Rutin Komsos Dengan Warga Binaan

Minggu, 27 Oktober 2024 - 00:57 WIB

Calon Wakil Bupati Batu Bara Aslam Rayuda, Ikut Kaji Makrifat, Bersilaturahmi Dengan Ustad Ahmad Kai dan Ustad Zulkifli

Sabtu, 26 Oktober 2024 - 23:43 WIB

6 Ranting PP Air Putih Deklarasi Menangkan Paslon Bupati Zahir-Aslam

Sabtu, 26 Oktober 2024 - 23:30 WIB

Pjs. Gubernur Sudirman: Dialog Kerukunan Antar Umat Beragama Sangat Pentin

Berita Terbaru