Kampong Sepadan & Subulussalam Selatan Bangkitkan Gagasan One Vilage One Produck

TEROPONG BARAT

- Redaksi

Selasa, 25 Juni 2024 - 21:55 WIB

4053 views
facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Subulussalam, teropongbarat.co(.25/06/2024 ) Semangat Enterprenuer Kampong Sepadan dan Desa Subulussalam Selatan, bangkitkan ekonomi kerakyatan, kurangi angka penggangguran didesa Sukses terlihat pencapaian kegiatan dan arah manfaat pelatihan bagi masyarakat dan pemuda untuk pengolahan Tong Sampah dari bahan baku limbah rakyat Subulussalam, sejalan denganhal ini Produk BIBIT MATOA dari desa Sepadan hingga masyarakat perajinnya menuai cuan dari kegiatan pengadaan Tong Sampah desa dan Bibit MATOA Upaya Kepala Kampong Subulussalam Selatan dan Kampong Sepadan tampak memberikan makna pemberdayaan dari semangat Undang Undang Desa.

 

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Rahmadi kepala Kampong Subulussalam Selatan yang dikenal religius ini memberikan keterangan menurutnya “Alhamdulillah dari hasil pelatihan yang kita gelar didesa Subulussalam beberapa masyarakat dan pemuda telah mampu memproduksi hasil kerajinan tangannya tidak saja untuk kegiatan desa Kita, tetapi desa tetangga kita juga sudah banyak membeli nya dari anggaran dana desa masing masing. Sehingga produk yang ramah lingkungan ini selain bermanfaat secara ekonomi juga bermanfaat secara ekologi. Kemudian dari kegiatan kerajinan ini ternyata dapat mengurangi efek pengangguran didesa” Terang Rahmadi Kepala Kampong Subulussalam Selatan.

Kepala Kampong Sepadan Supardi juga, dari hasil temuan dan wawancara kegiatan kegiatan desa yang digagasnya akan melahirkan Produk Unggulan desanya dari tanaman Matoa yang relatif cepat panennya.

Baca Juga :  Pemerhati Kebijakan : Meminta KASN untuk mengeluarkan Rekomendasi terbaik perihal polemik JPTP Sekda Subulussalam

Supardi Kepala Kampong Sepadan juga berhasil diwawancarai bahwa anggaran Dana Desanya telah dimaksimalkan untuk pembangunan Infrastruktur seperti Rabat Beton dan kegiatan lainnya. Dengan anggaran hanya 89 Juta mudah- mudahan dengan semangat gotong royong warga bangunan rabat beton terbangun dengan baik dan dapat dirasakaan masyarakat manfaatnya bagi usaha tani. Ujar Kepala Desa Sepadan.

“Kita juga ditahun ini akan Produksi Bibit Matoa yang berfungsi ganda, selain meningkatkan ekonomi masyarakat desa kegiatan penanaman Buah Matoa tahun ini bermanfaat tidak saja secara ekonomi tapi juga bermanfaat secara Ekologi. Untuk menjaga lingkungan kita. “Tambah Supardi Kepala kampong Sepadan yang dikenal sahabat warganya tersebut.

Terlihat sejak awal program pemberdayaan masyarakat desa seperti UKM-UMKM dari hasil kerajinan warganya, Supardi Kepala desa Sepadan selalu memotivaai kegiatan kegiatan desa untuk membangkitkan semangat ekonomi wargannya. Seperti produksi Kerupuk, dan makanan ringan.

H. Durasa Lembeng kepala kampong Subulussalam Utara juga membenarkan bahwa kampong Subulusaalam Utara juga untuk tahun 2024 melakukan pengadaan Tong Sampah dari kerajinan Masyarakat Subulussalam Selatan itu.

“Memang benar kami tahun ini mengadakan tong sampah dari kerajinan masyarakat Subulussalam Selatan. Karena selain bahanya ringan kwalitasnya juga sangat baik dan bermanfaat bagi masyarakat kampong.” Ujar H. Durasa Lembong yang mendukung usaha kerajinan tangan masyarakat tersebut.

Baca Juga :  Satgas TMMD dan Warga Bahu Membahu Timbun Jalan Yang Berlubang Dan Berlumpur

LSM Suara Putra Aceh mengapresiasi kegiatan didua Desa membuat produk unggulan “Kami salut jiwa enterpreneur Pemerintahan desa Sepadan dan Desa Subulussalam Selatan yang dibangkitkan Kepala Kampong usai pelatihan untuk masyarakatnya dan ditahun 2024 mampu melakukan Produk desa bahkan produksinya sudah mampu produk keluar desa. Karakter enterprenur yang telah dibangun menurut kami LSM Suara Putra Aceh Optimis, bersifat terbuka, fokus pada tujuan, memiliki kemampuan problem salving yang baik, berani mengambil resiko dan yang terpenting berkontribusi dalam penciptakan lapangan Kerja. Hingga kedepannya One Vilage one produck. Satu desa satu prodak terwujutlah pengembangan ekonomi regional dikota Subulussalam antar Kampong. Kami mendukung gagasan gagasan kepala kampong yang memanfaatkan Dana Desanya secara Mandiri. Bukan kegiatan pelatihan atau kunker keberbagai daerah seperti Medan, Batam dan Bali. Sehingga kurang memberikan energi positif untuk membangun desa. ” Ujar Anton Tinendung Pimpinan LSM Suara Putra Aceh tersebut.// A. Tin

Berita Terkait

Doa Restu “Peberkatken” Keluarga Besar Saudara “Bintang-Faisal” Buat Sahabat Semua Suku
Mitra Usaha Sawit H. Affan Alfian Bintang, Sepakat Menangkan Paslon Bintang-Faisa
Komunitas Masyarakat Aceh Tenggara Bersatupadu Menangkan Bintang-Faisal
YARA Gugat PT Organik Semesta Subur 2 Triliun ke Pengadilan Aceh Singkil
Kadis Perindagkop Kota Subulussalam: PLN Diharapkan Permudah tarif bisnis Untuk UKM
Progres Rehab Gedung SMP Negeri 1 Subulussalam, Jadi Prioritas Kunjungan PJ Walikota Subulussalam
Menyikapi Berita Tentang pengaduan DKPP : Kuasa Hukum BISA, jangan lakukakan pembodohan publik, mari bertarung sehat
ULP PLN Subulussalam Melalui Program Light Up The Dream, Bantu Keluarga Kurang Mampu

Berita Terkait

Minggu, 27 Oktober 2024 - 17:02 WIB

PDIP Batu Bara Rakercabsus Pemantapan Pemenangan Edy-Hasan dan Zahir-Aslam

Minggu, 27 Oktober 2024 - 16:37 WIB

Cagubsu/Wagubsu Edy – Hasan dan Cabup/Cawabup Batu Bara Zahir – Aslam Peragakan Cara Mencoblos yang Benar

Minggu, 27 Oktober 2024 - 15:38 WIB

Koramil 1426-06/Mapsu Kodim 1426 Takalar Bersama Warga Kerja Bakti Bersihkan Saluran Air  

Minggu, 27 Oktober 2024 - 00:57 WIB

Calon Wakil Bupati Batu Bara Aslam Rayuda, Ikut Kaji Makrifat, Bersilaturahmi Dengan Ustad Ahmad Kai dan Ustad Zulkifli

Sabtu, 26 Oktober 2024 - 23:43 WIB

6 Ranting PP Air Putih Deklarasi Menangkan Paslon Bupati Zahir-Aslam

Sabtu, 26 Oktober 2024 - 23:30 WIB

Pjs. Gubernur Sudirman: Dialog Kerukunan Antar Umat Beragama Sangat Pentin

Sabtu, 26 Oktober 2024 - 15:21 WIB

Kembali Jabat Ketua MABMI Batu Bara, Syafi’i Nyatakan Siap Menangkan Zahir-Aslam dan Edy-Hasan

Sabtu, 26 Oktober 2024 - 09:38 WIB

Kepala Dusun Desa BanyuUrip Mencoba Intervensi Wartawan Terkait Kasus Pemerkosaan Yang Sedang Viral

Berita Terbaru