Diduga Dapat Mengelembungkan Suara, Oknum Ketua KIP Aceh Tamiang Statusnya Ditingkatkan Ke Penyelidikan Oleh Direskrimum Polda Aceh

TEROPONG BARAT

- Redaksi

Sabtu, 27 Juli 2024 - 16:48 WIB

4081 views
facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Banda Aceh |  Aksi tipu-tipu,rodi dan upeti tembang manis lagunya Iwan Fals, sepertinya itulah nasib yang dialami Muhammad Usman (MU) Salah seorang Caleg Partai Aceh (PA),dari Daerah Pemilihan (Dapil) lV Kabupaten Aceh Tamiang Propinsi Aceh,pada pileg serentak tahun 2024 yang lalu.
Sehingga MU melalui Penasehat Hukumnya (PH) melakukan Laporan kepihak Hukum Direskrimum Mapolda Aceh. (Lihat Gambar)

Laporan yang diadukan pihak MU tersebut,dibuktikan dengan telah diterbitkannya secarik kertas SP2HP dari Direskrimum Polda Aceh, sehingga Polda Aceh menaikan status penyelidikan terhadap Laporan Muhammad Usman di Mapolda Aceh.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Maka dengan munculnya SP2HP dari pihak Direskrimum Polda Aceh. Merupakan buntut dari pengaduan MU yang merasa dirinya telah tertipu oleh oknum Ketua komisi Independen Pemilih (KIP) yang berinisial RA dan dua rekannya sesama Komisioner Kabupaten Aceh Tamiang,yang berinisial KA,serta MWK.

Adapun kronologisnya, MU telah memberikan uang 200 juta, tepatnya di cape pondok santai,dusun kebun sei liput. Jalan Raya Medan – Banda Aceh,kecamatan Kejuruan muda Kabupaten Aceh Tamiang,pada tanggal 06 maret 2024. Tentang dugaan telah terjadi tindak pidana penipuan pasal 378,sebagai dimaksud dalam KUHAPidana.

MU yang ditemui awak NR 22-07-2024 di Banda Aceh. Menyebutkan, pihaknya telah ditipu mentah-mentah oleh para komisioner diatas. Dan ia dapat memastikan uang miliknya sejumlah 200 juta,yang diserahkannya dan diterima oleh HP, oknum yang merupakan orang suruhan RA “mengalir deras” ketangan RA,ujarnya geram.

Baca Juga :  F-CSR Aceh Tamiang Temukan Kejanggalan Pengelolaan Kegiatan CSR Perusahaan HGU dan Indikasi Tidak Pidana

Dan masih MU.Saya telah terbius, diiming-imingi akan memperoleh suara terbanyak,(dari suara calon legislatif lainnya yang juga sesama Partai Aceh) lainnya yang ikut pemilihan Caleg dari Dapil lV,oleh RA tambahnya.

Tetapi faktanya MU harus menelan ludahnya getir dan kecewa berat,atas ulah beberapa Ketua dan anggota komisioner (KIP) Aceh Tamiang tersebut. Dan apesnya lagi. MU “ditimpa Utang keliling pinggang”. Karena hanya mempercayai ucapan-ucapan/janji bulusnya RA cs yang tidak bertanggung jawab,(saya banyak hutang,tolonglah saya. Agar uang saya dikembalikan RA cs,dan nantinya saya dapat mengembalikan uang orang lain yang saya pinjam pakai itu,ratap dan ceritanya MU yang memilukan kepada awak media. Sesaat setelah dirinya selesai diambil keterangannya di Subdit ll/Harda bangtah Gedung Direskrimum Mapolda Aceh.

Dan ditempat terpisah RA yang dihubungi/dikonfirmasi wartawan NuansaRealita news com, melalui aplikasi WhatsApp dengan no (646)8148084.
Hanya menjawab dengan sepenggal kalimat
(Waalaikumusalam) responnya,dan terkesan kebal hukum.

Lain halnya dengan pamer hati/tokoh masyarakat . Sebut saja “Hamdan”warga seputaran Kabupaten Aceh Tamiang mengungkapkan. Adapun insiden yang dialami Muhammad Usman ini,sudah tidak dapat ditelorir lagi. Karena hal-hal tersebut menyangkut integritas/ kepercayaan Publik terhadap lembaga yang sangat berwenang membidani Pemilu lima tahunan dikabupaten kita ini. Dengan raut wajah kecewa mendalam.

Baca Juga :  Status Kredit Macet Ubi Kayu BAS Naik Kelas di Polda Aceh

Tokoh yang juga aktivis itu,meminta “DKPP, segera memecat/membebas tugaskan oknum-oknum Komisioner Independen Pemilih (KIP) Aceh Tamiang yang diduga terlibat skandal penipuan tersebut,” jangan kotori bumi kami ini. Pintanya.

Dalam kesempatan itu,ia juga menegaskan dan mendorong Aparat Penegak Hukum (APH). Kapolri Listyo Sigit Prabowo melalui Achmad Kartiko Kapolda Aceh. Untuk secepatnya melakukan proses hukum yang transparan, akuntabilitas dan profesional. Ujarnya .

Karena mengingat sebentar lagi,kita akan mengelar Pilkada serentak Pilgub/pilwagub dan Pilbup serta cawabup, Pilwalkot serta Cawalkot yang berdedikasi tinggi yang sama-sama kita harapkan. Pintanya.

“Hamdan” menambahkan lagi, Sekarang masyarakat Aceh Tamiang sudah “melek” masyarakat “Membutuhkan lembaga dengan segala organnya,yang berkualitas dan berintegritas.” Bukan Oknum-oknum yang mempunyai segudang catatan Kriminalitas. Tegasnya.

Sehingga nantinya akan tercipta Pilkada Aceh Tamiang yang berkualitas. Jurdil dan dapat dipercaya oleh masyarakat Bumi muda sedia. Ucapnya berapi-api.

Selanjutnya hasil pantauan dan investasi awak media yang mempunyai motto “berani mengungkap fakta/NuansaRealita news com” dilapangan,” oknum RA ini,kerap berhubungan/tersandung masalah hukum/ pihak berwajib/sebelum ia terpilih sebagai ketua KIP Aceh Tamiang.

Seterusnya RA juga digadang-
gadangkan “kaum hawa yang memiliki basic pemborong/rekanan diduga RA juga makelar proyek” dimasa pemerintahan Pj Bupati Meurah Budiman tahun 2022-2023.
Bersambung (Aceh l)

Berita Terkait

Polisi Selidiki Penyebab Kebakaran Sumur Minyak Pertamina di Aceh Tamiang
Kunjungan Kerja Pangdam IM ke Kodim 0117/Aceh Tamiang
HUT Ke-78 Bhayangkara, Brigjen Armia Fahmi Bagikan 1.200 Paket Sembako di Aceh Tamiang
Brigjen Armia Fahmi Bantu Pemasangan Listrik untuk Warga Tamiang
Sekitar 7000 Hektar Terjadi Perusakan dan Alih Fungsi di Kawasan TNGL yang Dikuasai oleh Perorangan
Kasus Ubi Kayu BAS dan Janji Manis Wagirun Berbuah Petaka Anggota Poktan
Status Kredit Macet Ubi Kayu BAS Naik Kelas di Polda Aceh
F-CSR Aceh Tamiang Temukan Kejanggalan Pengelolaan Kegiatan CSR Perusahaan HGU dan Indikasi Tidak Pidana

Berita Terkait

Minggu, 27 Oktober 2024 - 15:38 WIB

Koramil 1426-06/Mapsu Kodim 1426 Takalar Bersama Warga Kerja Bakti Bersihkan Saluran Air  

Minggu, 27 Oktober 2024 - 15:29 WIB

Menjelang Pilkada Serentak Babinsa Jajaran Kodim 1426 Takalar Rutin Komsos Dengan Warga Binaan

Minggu, 27 Oktober 2024 - 00:57 WIB

Calon Wakil Bupati Batu Bara Aslam Rayuda, Ikut Kaji Makrifat, Bersilaturahmi Dengan Ustad Ahmad Kai dan Ustad Zulkifli

Sabtu, 26 Oktober 2024 - 23:43 WIB

6 Ranting PP Air Putih Deklarasi Menangkan Paslon Bupati Zahir-Aslam

Sabtu, 26 Oktober 2024 - 15:58 WIB

Bawaslu Sumut Adakan Focus Grub Discussion Pengawasan Partisipasi Pemilihan Serentak 2024 Ini Saran Aktivis Langkat

Sabtu, 26 Oktober 2024 - 15:21 WIB

Kembali Jabat Ketua MABMI Batu Bara, Syafi’i Nyatakan Siap Menangkan Zahir-Aslam dan Edy-Hasan

Sabtu, 26 Oktober 2024 - 09:38 WIB

Kepala Dusun Desa BanyuUrip Mencoba Intervensi Wartawan Terkait Kasus Pemerkosaan Yang Sedang Viral

Sabtu, 26 Oktober 2024 - 01:45 WIB

70 Anggota Kelompok Tani,  Sumber Rejo Siap Dukung Zahir & Aslam

Berita Terbaru

GAYO LUES

Menyala! Warga Kampung Badak Nyatakan Sikap Dukung GAESSS

Minggu, 27 Okt 2024 - 14:58 WIB