KPU Sampang Sukses Laksanakan Kirab Maskot Pilkada 2024

TEROPONG BARAT

- Redaksi

Jumat, 9 Agustus 2024 - 21:05 WIB

40114 views
facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

SAMPANG _ TEROPONG BARAT _ Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sampang sukses laksanakan Kirab Maskot Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2024, yakni maskot Si Jalih untuk Pilgub dan Wagub Jawa Timur dan maskot Sakor dan Sami untuk Pilbup dan Wabup Kabupaten Sampang.

Dilaksanakan di Alun-Alun Trunojoyo Sampang, Madura, Jawa Timur. Dihadiri PJ Bupati Sampang Rudi Arifianto, yang diwakili asisten 1 bagian pemerintahan dan kesra Pemkab Sampang Sudarmanto, perwakilan KPU Jawa Timur, KPU Pamekasan, Forkopimda serta perwakilan KPU seluruh kota se-Jawa Timur. Kamis (08/08/2024).

Sejumlah penampilan di hadirkan dalam acara kirab maskot tersebut, diantaranya musik Daul, tari tradisional, live musik, dan OG. Al Ifrah.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Ketua KPU Sampang Aliyanto mengatakan, Kirab Maskot ini sebagai upaya optimalisasi sosialisasi dan pendidikan pemilih pada pemilihan kepala daerah (pilkada) 27 November mendatang.

Selain itu, kegiatan tersebut juga sebagai simbol selesainya proses pemutakhiran data pemilih untuk pilkada serentak 2024 yang dilakukan oleh petugas pemutakhiran data pemilih (pantarlih) selama sebulan, mulai 24 Juni – 24 Juli 2024 lalu.

“Dan terpenting tujuan kegiatan ini dalam rangka meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pilkada 2024 mendatang,” katanya.

Baca Juga :  Menjelang Hari Raya Idul Fitri, Polres Sampang Gelar Operasi Ketupat Semeru 2024 

Menurutnya, Maskot Pilkada Sampang dulunya dikenal dengan nama Kalampok (Jambu Air) yg merupakan komoditas holtikultura unggulan di Kabupaten Sampang. Dia juga mengungkapkan untuk saat ini tagline KPU Sampang memiliki tagline yg sama dengan KPU Jatim.

“Kita kok agak kompak ya, ternyata kita memiliki Tagline yg agak sama, Yaitu Seneng Bareng dan Akor Salanjhengah artinya seneng bareng dan damai selamanya,” jelasnya.

Dengan tagline ini semoga bisa menjadikan Pilkada 2024 yg menyenangkan sehingga masyarakat bisa memilih dengan tenang dan aman pada 27 November nanti.

“Kami akan bersungguh-sungguh dan bekerja keras untuk melaksanakan setiap tahap demi tahapan. Kemarin kita sudah menetapkan Daftar Pemilih Hasil Pemutakhiran (DPHP) tingkat Desa dan Kecamatan, untuk selanjutnya pada tanggal 10 kita akan menetapkan Daftar Pemilih Sementara (DPS) dan tanggal 27 – 29 kita lanjutkan pendaftaran pasangan calon,” ucapnya.

Sementara itu, Komisioner KPU Jatim Miftahur Rozaq menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemkab Sampang yang telah mendukung dalam menyukseskan pilkada serentak 2024.

“Kami menyampaikan ribuan terima kasih kepada Pemkab sampang atas dukungan anggaran fasilitas dalam rangka pelaksanaan pilkada serentak,” ucapnya.

Baca Juga :  Pemilu Damai, Polsek Jajaran Polres Langkat Gelar Giat Pojok Pemilu 2024

Pelaksanaan kirab maskot ini adalah adopsi kirab pemilu tahun 2024 yang sukses di jawa timur dan sangat luar biasa meskipun tidak lewat jalur Madura raya.

Kirab maskot ini ada dua jalur, jalur pertama dimulai dari Sumenep pada 31 Juli 2024, lalu dilanjutkan ke pamekasan dan malam ini di kabupaten sampang.

“Ide Kirab Maskot ini program KPU Jawa Timur, satu-satunya kirab maskot se indonesia yang murni kreasi dari KPU Jatim,” ungkap Rozaq.

Miftahur Rozaq juga mengajak agar  Kabupaten Sampang menunjukkan nilai-nilai integritas dan nilai-nilai demokrasi yang berkualitas dalam pelaksanaan Pilkada serentak.

Pj Bupati Sampang yang di wakili Asisten 1 Pemerintahan mengapresiasi KPU Sampang yang telah melaksanakan tugas tahapan demi tahapan dengan baik dalam Pilkada serentak 2024.

“Semoga Prosesnya berjalan dengan lancar. Pilkada ini sangat penting karna menentukan nasib Sampang lima tahun ke depan,” pungkasnya. (Red).

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Berita Terkait

PDIP Batu Bara Rakercabsus Pemantapan Pemenangan Edy-Hasan dan Zahir-Aslam
Cagubsu/Wagubsu Edy – Hasan dan Cabup/Cawabup Batu Bara Zahir – Aslam Peragakan Cara Mencoblos yang Benar
Koramil 1426-06/Mapsu Kodim 1426 Takalar Bersama Warga Kerja Bakti Bersihkan Saluran Air  
Menjelang Pilkada Serentak Babinsa Jajaran Kodim 1426 Takalar Rutin Komsos Dengan Warga Binaan
Calon Wakil Bupati Batu Bara Aslam Rayuda, Ikut Kaji Makrifat, Bersilaturahmi Dengan Ustad Ahmad Kai dan Ustad Zulkifli
6 Ranting PP Air Putih Deklarasi Menangkan Paslon Bupati Zahir-Aslam
Pjs. Gubernur Sudirman: Dialog Kerukunan Antar Umat Beragama Sangat Pentin
Kembali Jabat Ketua MABMI Batu Bara, Syafi’i Nyatakan Siap Menangkan Zahir-Aslam dan Edy-Hasan

Berita Terkait

Jumat, 25 Oktober 2024 - 22:52 WIB

Relawan Muda GaesssTeken Nota Kesepakatan Dengan Pasangan Said Sani – Saini.

Jumat, 25 Oktober 2024 - 13:30 WIB

Bati Tuud Koramil 08/ Blangpegayon Pimpin Jum’at Bersih Dalam Hal Karya Bhakti Di Desa Cinta Maju

Senin, 21 Oktober 2024 - 11:21 WIB

Kodim 0113/ Gayo Lues Gelar Pelaksanaan Apel Siaga 1 Dalam Rangka Mengantisipasi Bangsit Pengambilan Sumpah Dan Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI Tahun 2024

Senin, 21 Oktober 2024 - 02:28 WIB

Sampaikan LKPJ Triwulan I, Berikut Capaian Pemerintah Kabupaten Gayo Lues

Sabtu, 19 Oktober 2024 - 12:53 WIB

Babinsa Koramil 04/KP Melaksanakan Pendampingan Peyaluran (BLT)Dana Desa di Desa Binaanya

Rabu, 16 Oktober 2024 - 23:26 WIB

Kampung Badak Menyala ! Dukungan Untuk Said Sani-Saini Maju Menuju Pilkada 2024 Terus Mengalir

Rabu, 16 Oktober 2024 - 19:20 WIB

Nilam Solusi Terbaik Penuntasan Kemiskinan di Gayo Lues, Jokowi Dorong Kopi Gayo dan Nilam Jadi Produk Unggulan Aceh

Rabu, 16 Oktober 2024 - 02:18 WIB

Calon Gubernur Aceh Bustami Hamzah-Fadhil Rahmi, Gandeng “Said Sani-Saini” di Pilkada 2024

Berita Terbaru