Kelangkaan LPG & Tingginya Harga Ecer di Pangkalan, Ormas Laki Kota Subulussalam Minta APH Melidiknya

TEROPONG BARAT

- Redaksi

Selasa, 18 Juli 2023 - 15:18 WIB

40420 views
facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Subulussalam, teroponggbarat.co. 18/07/23. Tingginya harga ecer Gas LPG Subsidi dikota Subulussalam, sekaligus langkanya Gas LPG Untuk rakyat Miskin (Subsidi) membuat Pimpinan Ormas Laki Kota Subulussalam dan LSM Suara Putra Aceh, geram pada Dinas UKM dan APH untuk dapat segera menuntaskan kebutuhan masyarakat yang telah diatur dalam Undang Undang.

Ormas Laskar Anti Korupsi Indonesia ( LAKI ) DPC Kota Subulussalam mengutuk pangkalan Elviji 3 kg bersubsidi yang tidak patuhi Peraturan Menteri Perdagangan RI No: 01/M-DAG-/PER/I/2008. Tentang Ketentuan Impor LIQIUEFIED PETROLEUM GAS /LPG DAN TABUNG LPG 3 Kg.

Juga di perkuat dalam Keputusan Walikota Subulussalam No.185.45/187/2018 tentang Penetapan Harga Eceran Tertinggi (HET) Liquefiet Petroleum GAS Tabung 3 Kilogram Dalam Wilayah Kota Subulussalam dan Keputusan Gubernur Aceh No.541/619/2017

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Sesuai dengan hasil investigasi ormas LAKI dan LSM Suara Putra Aceh Kota Subulussalm bahwa di lapangan terkait penyaluran LPG 3 kg, tidak sesuai dengan peraturan atau Qanun kota Subulussalam, sehingga menimbulkan lonjakan harga ECER dan tidak sesuai dengan HET Kota Subulussalam sehingga didapati mencapai Rp 30.000 s/d 35.000/tabung/ 3Kg.

Baca Juga :  Kunker Walikota Subulussalam disambut Baik Masyarakat Rundeng & Berharap Bintang Dua Periode

Kenaikan Harga ECER Gas LPG 3kg Itu akibat dari kebebasan para pedagang /pangkalan penyalur LPG menjual secara gelondongan kepada para tengkulak atau masyarakat yang menjual LPG TANPA IJIN bahkan menjual kepada sejumlah Rumah makan dan Pengusaha Kuliner yang tidak pantas memakai
menggunakan LPG 3kg tersebut.

Ormas LAKI menganggab kejadian ini akibat Lemahnya Pengawasan dari Pihak Dinas UMKM Kota Subulussalam maupun Aparat penegak hukum untuk mengawasi Penyaluran LPG 3Kg Bersubsidi di kota Subulussalam, sehingga sangat merugikan Masyarakat Miskin yang harus membeli LPG 3Kg dengan harga diatas Het.

Untuk itu kami dari Ormas LAKI DPC KOTA Subulussam Sebagai Pungsi Kontrol Sosial meminta kepada Dinas UMKM dan aparat Hukum untuk segera mencabut Ijin Pangkalan pengecer bila tidak mematuhi aturan yang berlaku juga kami meminta kepada Walikota Subulussalam untuk segera mengepaluasi kinerja para Dinas yang dianggab lemah tidak mampu bekerja sesuai dengan Tupoksinya hingga merugikan nasib orang miskin.

Belum lagi mengenai Keamanan dan keselamatan lingkungan terkait resiko kebakaran rumah warga akibat bebasnya masyarakat melakukan penjualan atau pengceran BBM dan Gas LPG di warung -warung kecil tanpa ijin. Kegiatan ini juga tanpa memikirkan resiko dampak dapat terjadinya kebakaran’ pungkas Rambe.

Baca Juga :  Ragam Seni Budaya Peringati Hari Guru & HUT PGRI Ke-78 SMPN Rundeng

Pimpinan LSM Suara Putra Aceh saat memberi tanggapannya distributor LPG itu yang paling perlu ditindak tegas oleh APH diduga akibat ulahnya yang memperlakukan Sejumlah Pangkalan, sehingga pangkalan Gas LPG berani menaikkan harga Nett LPG yang harusnya disubsidi.

Kemudian kita melihat banyaknya ASN / PNS juga malah memakai LPG Subsidi, jatah masyarakat miskin ini. Sehingga kelangkaan LPG acap kali terjadi. Harusnya ASN/ PNS Abdi Negara inipun TAU DIRI mana yang menjadi Hak dan mana yang menjadi kewajibannya sebagai Abdi Negara. Jujur, tranparan serta akuntabel dapat dipertanggungjawabkan seluruh tindakannya secara dunia dan Ahirat, harusnya meningkat kecerdasan ESQ para Abdi Negara dan keluarga Abdi negara ini.

“Pada akhirnya ASN/PNS itu jadi contoh teladan, panutan memiliki Integritas yang tinggi untuk ikut serta membantu perekonomian masyarakat yang lagi terpuruk”. Kata Anton Tinendung Pimpinan LSM Suara Putra Aceh Kota Subulussalam. ///Imron Cibro

Berita Terkait

Doa Restu “Peberkatken” Keluarga Besar Saudara “Bintang-Faisal” Buat Sahabat Semua Suku
Mitra Usaha Sawit H. Affan Alfian Bintang, Sepakat Menangkan Paslon Bintang-Faisa
Komunitas Masyarakat Aceh Tenggara Bersatupadu Menangkan Bintang-Faisal
YARA Gugat PT Organik Semesta Subur 2 Triliun ke Pengadilan Aceh Singkil
Kadis Perindagkop Kota Subulussalam: PLN Diharapkan Permudah tarif bisnis Untuk UKM
Progres Rehab Gedung SMP Negeri 1 Subulussalam, Jadi Prioritas Kunjungan PJ Walikota Subulussalam
Menyikapi Berita Tentang pengaduan DKPP : Kuasa Hukum BISA, jangan lakukakan pembodohan publik, mari bertarung sehat
ULP PLN Subulussalam Melalui Program Light Up The Dream, Bantu Keluarga Kurang Mampu

Berita Terkait

Jumat, 25 Oktober 2024 - 22:52 WIB

Relawan Muda GaesssTeken Nota Kesepakatan Dengan Pasangan Said Sani – Saini.

Jumat, 25 Oktober 2024 - 13:30 WIB

Bati Tuud Koramil 08/ Blangpegayon Pimpin Jum’at Bersih Dalam Hal Karya Bhakti Di Desa Cinta Maju

Senin, 21 Oktober 2024 - 11:21 WIB

Kodim 0113/ Gayo Lues Gelar Pelaksanaan Apel Siaga 1 Dalam Rangka Mengantisipasi Bangsit Pengambilan Sumpah Dan Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI Tahun 2024

Senin, 21 Oktober 2024 - 02:28 WIB

Sampaikan LKPJ Triwulan I, Berikut Capaian Pemerintah Kabupaten Gayo Lues

Sabtu, 19 Oktober 2024 - 12:53 WIB

Babinsa Koramil 04/KP Melaksanakan Pendampingan Peyaluran (BLT)Dana Desa di Desa Binaanya

Rabu, 16 Oktober 2024 - 23:26 WIB

Kampung Badak Menyala ! Dukungan Untuk Said Sani-Saini Maju Menuju Pilkada 2024 Terus Mengalir

Rabu, 16 Oktober 2024 - 19:20 WIB

Nilam Solusi Terbaik Penuntasan Kemiskinan di Gayo Lues, Jokowi Dorong Kopi Gayo dan Nilam Jadi Produk Unggulan Aceh

Rabu, 16 Oktober 2024 - 02:18 WIB

Calon Gubernur Aceh Bustami Hamzah-Fadhil Rahmi, Gandeng “Said Sani-Saini” di Pilkada 2024

Berita Terbaru