Sekretaris Daerah Kabupaten Nias Barat membuka secara resmi Rapat Koordinasi Tim Percepatan Penurunan Stunting Kabupaten Nias Barat Tahun 2023

Benison Daeli

- Redaksi

Rabu, 9 Agustus 2023 - 17:28 WIB

40344 views
facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Teropong Barat.co — Nias Barat, Sekretaris Daerah Kabupaten Nias Barat Sozisokhi Hia, SH.,MM membuka secara resmi kegiatan Rapat Koordinasi Tim Percepatan Penurunan Stunting Kabupaten Nias Barat, Rabu (09/08/2023) di Gedung Aekhula Kab.Nias Barat.

Sekretaris Daerah Kabupaten Nias Barat sebelum membuka Kegiatan Rapat Koordinasi menyampaikan beberapa hal seputaran Tim Percepatan Penurunan Stunting Kabupaten Nias Barat Tahun 2023, antara lain bahwa sebagai Landasan hukum soal stunting adalah Peraturan Presiden Nomor 72 Tahun 2021 Tentang Percepatan Penurunan Stunting dan Peraturan BKKBN Nomor 12 Tahun 2021 Tentang Rencana Aksi Nasional Penurunan Angka Stunting Indonesia.

Sekretaris Daerah melanjutkan bahwa Pemerintah Daerah akan mendukung dengan sepenuhnya  langkah-langkah yang ditempuh oleh Tim Percepatan Penurunan Stunting Kabupaten Nias Barat, dengan melibatkan beberapa pihak baik lingkup Pemerintah Daerah maupun hingga sampai ke Desa, mengingat Stunting ini sangat berpengaruh pada pertumbuhan anak-anak di Nias Barat, sambil membuka kegiatan secara resmi yang diawali dengan :

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Nias Barat ! Hasambua

Hasambua ! Nias Barat

Nias Barat ! Soguna bazato

Soguna bazato ! Tohugo

Immanuel Aldinius Larosa, SKM selaku Technical Assistant Satgas PPS BKKBN Sumatera Utara pada materinya menyampaikan bahwa Mekanisme dan Tata Kerja Percepatan Penurunan Stunting dimana Pengorganisasian Pelaksanaan Penurunan Stunting dilakukan melalui beberapa hal yaitu TPPS (Tim Percepatan Penurunan Stunting), dan Satuan Tugas (Satgas PPS). TPPS sendiri bertugas mengkoordinasikan, mensinergikan, dan mengevaluasi Penyelenggaraan Percepatan Penurunan Stunting. Sedang PPS bertugas untuk melakukan dukungan teknis kepada Tim Percepatan Penurunan Stunting dan Pemangku kepentingan dalam pelaksanaan Percepatan Penurunan Stunting.

Baca Juga :  Dr.Sorni Paskah Daeli, M.Si "Mendorong Kemandirian Desa, sehingga SDGs Desa dapat Terwujud"

Sementara itu, Dinas Kesehatan menyampaikan pada materinya bahwa Kondisi Stunting di Kabupaten Nias Barat, misalnya tentang Pendek Stunting yaitu Kondisi ini dimana pertumbuhan anak yang mengakibatkan kegagalan dalam mencapai tinggi badan yang normal dan sesuai usia anak, terutama Seribu Hari Pertama Kehidupan (1000 HPK), ibu hamil (270 hari) sampai anak usia 2 tahun (730 Hari), Sehingga tinggi badannya dibanding usianya terliha Lebih Pendek dari Sebayanya, Indikator Penilaian Stunting TB/U, Ujar dari Dinas Kesehatan Kabupaten Nias Barat.

Kepala Dinas PMD Kabupaten Nias Barat, Faigizatulo Halawa, S.Pd.,MM menyampaikan hal anggaran dana Stunting yang dibebankan pada anggaran Desa. Kadis menyampaikan bahwa sejauh ini rata-rata Desa sudah menganggarkan di APBDes dengan nominal yang berbeda-beda misalnya ada Desa yang menganggarkan 10 Juta, ada juga Desa yang menganggarkan hingga sampai 100 Juta, bahkan lebih. Dinas PMD masih belum memahami sepenuhnya standar anggaran ini, namun sekalipun demikian kami mencoba nanti membahas bersama baik kami dari Dinas PMD, Tenaga Pendamping Desa, Dinas Kesehatan dan beberapa OPD yang terlibat dalam penanganan percepatan penurunan Stuntig Kabupaten Nias Barat, dengan tujuan nantinya terdapat standar anggaran di masing-masing Desa, sehingga anggaran Desa tidak dihambur-hamburkan begitu saja namun tepat sasaran sesuai dengan kebutuhan terkait penanganan Stunting di Kabupaten Nias Barat. Ujar Kadis PMD

Baca Juga :  Pemkab Nias Barat Melaksanakan Kegiatan Evaluasi Desa PTP2WKSS di Desa Binaan

Selanjutnya diskusi materi yang dikoordinir oleh Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah Kabupaten Nias Barat oleh bapak Sabahati Gulo, S.Sos dan dilanjutkan dengan tanya jawab dari peserta terkait Rapat Koordinasi Percepatan Penurunan Stunting Kabupaten Nias Barat Tahun 2023.

Rapat Koordinasi ini turut dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Nias Barat, Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah Kabupaten Nias Barat, Assistant Satgas PPS BKKBN Sumatera Utara, Kepala Dinas PMD, Camat se Kabupaten Nias Barat, seluruh Kepala Puskesmas Kabupaten Nias Barat, Kepala Desa, Kader di Desa, dan seluruh undangan lainnya. (BD)

Berita Terkait

Penetapan P-APBD Nias Barat Memangkas Anggaran 1,9 Milliar
Plt. Bupati Nias Barat, Menerima Audiensi Guru Honorer Daerah
Pemkab Nias Barat menggelar Rapat Koordinasi yang dipimpin oleh Plt. Bupati Nias Barat
Firman Jaya Daeli pada Forum Dialog “Jalan Politik, Hukum, dan Kebudayaan Menuju Kalteng Berkeadilan”
Plt. Bupati Nias Barat “Kami harus bergerak cepat memperbaiki yang telah rusak parah”
FIRMAN JAYA DAELI Pada Seminar Nasional “Penegakan Konstitusi dan Penguatan Demokrasi”
Paslon EZOKHI Dapat Nomor Urut 1 di Pilkada Kabupaten Nias Barat
Update Pilkada Sumut: Calon Gubernur Bobby Nasution Nomor Urut 1

Berita Terkait

Jumat, 25 Oktober 2024 - 22:52 WIB

Relawan Muda GaesssTeken Nota Kesepakatan Dengan Pasangan Said Sani – Saini.

Jumat, 25 Oktober 2024 - 13:30 WIB

Bati Tuud Koramil 08/ Blangpegayon Pimpin Jum’at Bersih Dalam Hal Karya Bhakti Di Desa Cinta Maju

Senin, 21 Oktober 2024 - 11:21 WIB

Kodim 0113/ Gayo Lues Gelar Pelaksanaan Apel Siaga 1 Dalam Rangka Mengantisipasi Bangsit Pengambilan Sumpah Dan Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI Tahun 2024

Senin, 21 Oktober 2024 - 02:28 WIB

Sampaikan LKPJ Triwulan I, Berikut Capaian Pemerintah Kabupaten Gayo Lues

Sabtu, 19 Oktober 2024 - 12:53 WIB

Babinsa Koramil 04/KP Melaksanakan Pendampingan Peyaluran (BLT)Dana Desa di Desa Binaanya

Rabu, 16 Oktober 2024 - 23:26 WIB

Kampung Badak Menyala ! Dukungan Untuk Said Sani-Saini Maju Menuju Pilkada 2024 Terus Mengalir

Rabu, 16 Oktober 2024 - 19:20 WIB

Nilam Solusi Terbaik Penuntasan Kemiskinan di Gayo Lues, Jokowi Dorong Kopi Gayo dan Nilam Jadi Produk Unggulan Aceh

Rabu, 16 Oktober 2024 - 02:18 WIB

Calon Gubernur Aceh Bustami Hamzah-Fadhil Rahmi, Gandeng “Said Sani-Saini” di Pilkada 2024

Berita Terbaru