Tidak Ada Ruang & Toleransi bagi Pelaku Kejahatan Kekerasan Pada Anak

TEROPONG BARAT

- Redaksi

Kamis, 2 November 2023 - 15:32 WIB

40264 views
facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Pemko Subulussalam Melalui DP3AKB Rakor Pentingnya Perlindungan, & Pemberdayaan Perempuan & Anak

Subulussalam, Teropongbarat.co. Rapat Koordinasi Pencegahan Kekerasan Terhadap Anak, berlangsung di Ruang pertemuan DPMK kota Subulussalam. Acara Rapat Koordinasi antar instansi ini berlangsung Aktif dan dinamis, diruang rapat DPMK Subulussalam, Kamis (02/11/23).

Kepala Dinas Perlindungan & pemberdayaan perempuan dan anak H.Harmaini, MM dalam penyampaiannya perlunya dikenali sejak dini bentuk kekerasan pada anak serta dampaknya bagi kelangsungan kepribadian dan eksistensi bagi korban kekerasan anak, dalam penjelasan yang disampaikan Kekerasan pada anak sudah memprihatinkan.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT


“Kekerasan terhadap anak adalah tindak kekerasan secara pisik, seksual, penganiayaan emosional atau pengabaian terhadap anak. Sebahagian besar kekerasan pada anak terjadi dirumah anak itu sendiri, disekolah, atau dilingkungan anak berinteraksi. Dampak kekerasan pada anak juga dibahas dalam rapat koordinasi yang dilakukan pemerintah kota Subulussalam. Jelas H.Harmaini, MM kepala Dinas DP3AKB tersebut.

Tampak Hadir dalam Rapat koordinasi pencegahan Kekerasan Pada Anak Kepala Dinas Kesehatan, Kadis pendidikan, Kadis DP3AKB, Dinas Sosial, mewakili Kanit PPA(perlindungan Perempuan dan anak) Polres Subulussalm para kepala Sekolah SDN,SMP, SLTA, Kemenag, Rektor Kampus STIT Hamzah Fansuri dan Psikolog K.Fadilah, S.Pd, S.PSI.

Baca Juga :  Walikota Subulussalam & Forkopimda Serahkan Ganti Kerugian PLTA Kumbih Secara Simbolis

Dari yayasan rumah kita Psikolog K. Fadilah, S.Pd, S.P,SI juga menyampaikan hal terpenting ” tidak ada ruang, dan toleransi bagi pelaku kejahatan kekerasan pada anak, saya hanya berpesan pada para orang tua agar lebih memperhatikan anak, baik dilingkungan sekolah, maupun ditempat anak berinteraksi sosial. Semua kita harus benar-benar peduli agar terhindar anak-anak dari segala bentuk kekerasan pisik maupun mentalnya. Kata Psikolog Yang juga pendidik tersebut.

Tampak salah satu Pembicara dari Plt Kadis Pendidikan H.Sahrul Harahap, S.Pd dalam penyampaiaannya “Penelantaran pada anakpun merupakan kekerasan pada anak. Kekerasan pada anak bisa dari diri sendiri, keluarga dan individu dan pihak pihak lain. Kekerasan seksual harus dapat diketahui sejak dini. Terkadang korban kekerasan sangat tabu menceritakan yang dialaminya.” Kata Sahrul dipenyampaiannya.

Beberapa persoalan telah dibahas dalam Rapat Koordinasi hal-hal yang dialami anak-anak disekolah termasuk anak-anak yang di bully. Seperti kegiatan yang membuat kesengsaraan secara Pisik, mental dan kekerasan seksual.

Menurut Briptu Sera Swana unsur PPA Polres Subulusalam menurutnya pentingnya kita pahami juga terkadang Anakpun bisa menjadi pelaku kejahatan seksual seperti banyak kasus yang ditangani Polres Subulussalam.

Baca Juga :  Oknum Pejabat Dinas Kesehatan Kota Subulussalam Ditetapkan Tersangka Penggelapan

Saat acara Rakor tersebut Kadis DP3AKB H.Harmaini, MM mengajak semua pihak berKomitmen Bersama bahwa Sekolah sekolah Ramah Anak. Peran para orang tua, pendidik pentingnya lebih memperhatikan anak. Terhadap banyaknya info dari medsos yang kurang mendidik pada anak.

Diujung acara Koordinasi Pencegahan Kekerasan pada anak para peserta berswapoto dan menandatangani Komitmen bersama antara instansi agar berusaha sekuat tenaga, semampunya mencegah kekerasan pada anak secara psikis, penganiayaan secara emosional, pelecehan seksual yang akan berpengaruh bagi masa depan eksistensi anak terutama pada dunia pendidikannya.

Harapannya Kadis DP3AKB apabila ada penganiayaan pada anak atas banyaknya kekerasan pada anak, dapat langsung menghubungi kami, melalui daring, secara 24 jam, tidak ada lagi kekerasan pada anak, dan harapan kita kedepan Kota Subulussalam tidak ada lagi kekerasan pada anak, dan kita berusaha sekuat dan semampunya kita mencegah kekerasan pada anak melalui usaha kita bersama, mari kita mendukung dan terlibat untuk optimalisasi pencegahan Kekerasan pada anak.” Tutup Harmaini Kadis DP3AKB kota Subulusslam.// Anton.**

Berita Terkait

Doa Restu “Peberkatken” Keluarga Besar Saudara “Bintang-Faisal” Buat Sahabat Semua Suku
Mitra Usaha Sawit H. Affan Alfian Bintang, Sepakat Menangkan Paslon Bintang-Faisa
Komunitas Masyarakat Aceh Tenggara Bersatupadu Menangkan Bintang-Faisal
YARA Gugat PT Organik Semesta Subur 2 Triliun ke Pengadilan Aceh Singkil
Kadis Perindagkop Kota Subulussalam: PLN Diharapkan Permudah tarif bisnis Untuk UKM
Progres Rehab Gedung SMP Negeri 1 Subulussalam, Jadi Prioritas Kunjungan PJ Walikota Subulussalam
Menyikapi Berita Tentang pengaduan DKPP : Kuasa Hukum BISA, jangan lakukakan pembodohan publik, mari bertarung sehat
ULP PLN Subulussalam Melalui Program Light Up The Dream, Bantu Keluarga Kurang Mampu

Berita Terkait

Minggu, 27 Oktober 2024 - 17:02 WIB

PDIP Batu Bara Rakercabsus Pemantapan Pemenangan Edy-Hasan dan Zahir-Aslam

Minggu, 27 Oktober 2024 - 16:37 WIB

Cagubsu/Wagubsu Edy – Hasan dan Cabup/Cawabup Batu Bara Zahir – Aslam Peragakan Cara Mencoblos yang Benar

Minggu, 27 Oktober 2024 - 15:38 WIB

Koramil 1426-06/Mapsu Kodim 1426 Takalar Bersama Warga Kerja Bakti Bersihkan Saluran Air  

Minggu, 27 Oktober 2024 - 00:57 WIB

Calon Wakil Bupati Batu Bara Aslam Rayuda, Ikut Kaji Makrifat, Bersilaturahmi Dengan Ustad Ahmad Kai dan Ustad Zulkifli

Sabtu, 26 Oktober 2024 - 23:43 WIB

6 Ranting PP Air Putih Deklarasi Menangkan Paslon Bupati Zahir-Aslam

Sabtu, 26 Oktober 2024 - 23:30 WIB

Pjs. Gubernur Sudirman: Dialog Kerukunan Antar Umat Beragama Sangat Pentin

Sabtu, 26 Oktober 2024 - 15:21 WIB

Kembali Jabat Ketua MABMI Batu Bara, Syafi’i Nyatakan Siap Menangkan Zahir-Aslam dan Edy-Hasan

Sabtu, 26 Oktober 2024 - 09:38 WIB

Kepala Dusun Desa BanyuUrip Mencoba Intervensi Wartawan Terkait Kasus Pemerkosaan Yang Sedang Viral

Berita Terbaru